Promo

 

Bagaimanakah cara mengupgrade ports colections pada freeBsd...
ports adalah suatu fasilitas yang disediakan FreeBsd untuk mempermudah instalasi dan update sistem...ikuti langkahnya di bawah ini...

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis salah satu cara mengupgrade ports collection pada sistem operasi FreeBSD.

Seperti yang kita ketahui bahwa FreeBSD selalu berkembang dan berubah, begitu pula ports collection yang dimilikinya pun turut berubah seiring dengan berjalannya waktu. Upgrade ports collection adalah salah satu aspek dari upgrade system secara keseluruhan. Sebuah software tambahan dapat pula memiliki masalah sekuritas seperti layaknya software utama, salah satu cara pertahanan terbaik adalaha menjaga sistem agar tetap up-to-date.

Asumsi yang digunakan pada tulisan ini:

1. Sistem operasi yang digunakan adalah FreeBSD(penulis menggunakan versi 7.0-RELEASE-p6)
2. Memiliki koneksi internet untuk melakukan upgrade

Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai upgrade ports collection menggunakan perintah :

portsnap

portsnap melakukan upgrade terhadap ports collection yang dimiliki oleh sistem kita dengan mengunduh dan menginstall snapshot dan update ports collection kita. Dalam rentang waktu kurang lebih 1 jam, server portsnap FreeBSD central mengumpulkan seluruh perubahan yang ada pada ports collection sejak pengecekan terakhir yang dilakukan,lalu menyatukan segala perubahan yang ada menjadi sebuah patch set. Dengan menggunakan perintah portsnap kita akan mendapatkan update yang terakumulasi sejak terakhir kali kita mengupdate ports collection sistem kita.

Jika anda pertama kali menjalankan portsnap pada sistem anda, gunakan perintah:

portsnap fetch extract

hal ini dilakukan untuk mendownload snapshot terakhir yang dimiliki oleh portsnap server dan mengekstraknya pada direktori /usr/ports. Gunakan perintah ini sekali untuk menginisialisasi portsnap ke kondisi yang dikenali.
Jika setelah melakukan ini anda ingin mengupdate kembali ports collection anda, anda dapat mengetikkan perintah:

portsnap fetch update

Perintah ini mengunduh snapshot terakhir dari portsnap server kemudian mengupdate ports collection tree local pada sistem anda.
Untuk mengetahui kegunaan perintah portsnap lainnya anda dapat mengetikkan perintah berikut:

man portsnap

Sekian dulu tulisan kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Saya sadar bahwa tulisan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu jika menemukan adanya kesalahan pada tulisan ini mohon kritik dan sarannya.
Terima kasih.


 
Top