Promo

 

Karena sudah lama tidak menggunakan server MySQL yang ada di kantor, ketika hendak menggunakannya untuk aplikasi baru, passwordnya malah lupa. Terpaksa browsing-browsing dulu untuk mencari caranya. Dulu sih sudah pernah diajarin sama temen. Jadi supaya tidak lupa lagi, saya tuliskan saja di sini langkah-langkahnya

Asumsi
1. Server yang saya gunakan adalah FreeBSD-6.2 Stable. Tapi saya pikir langkah-langkah di bawah ini tidak OS dependence. Jadi bisa dilakukan di semua OS.

2. Server yang saya recover passwordnya adalah bukan server produksi. Jadi kalo misalnya ada yang menggunakan langkah ini untuk server produksi, saya tidak bertanggung jawab atas SP-3 yang muncul kemudian. :-P



Langkah-langkah


1. Matikan proses server MySQL. Ada banyak cara di sini. Yang pertama bisa dengan mematikan melalui perintah "kill -". Atau melalui perintah "/etc/rc.d/mysql-server stop". Yang penting proses server MySQL tersebut mati.

2. Jalankan mysqld_safe dengan option sebagai berikut:


root# mysqld_safe --skip-grant-tables &


Setelah itu masuk ke server MySQL:


root# mysql -u root

Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 14
Server version: 5.0.51 FreeBSD port: mysql-server-5.0.51

Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the buffer.

mysql>


Secara otomatis kita akan masuk ke account root MySQL tanpa harus mengisikan password.

3. Setelah masuk ke console/prompt MySQL, kita jalankan perintah-perintah ini:


mysql> use mysql;
mysql> update user set password=PASSWORD("PASSWORD-ROOT-YANG-BARU-DI SINI") where User='root';
mysql> flush privileges;
mysql> quit


4. Setelah itu matikan kembali proses server MySQL yang sekarang, lalu restart proses MySQL dengan normal. Untuk setup di server saya, caranya adalah:


root# /etc/rc.d/mysql-server start
 
Top