Promo

 


Komputer yang semula diciptakan sebagai alat bantu hitung, kini berkembang menjadi alat serba guna, karena mampu mengerjakan pekerjaan manusia seperti penghitungan matematis, kedokteran, antariksa, nuklir, dan sebagainya. Sebuah komputer yang bekerja sendiri tanpa terhubung dengan komputer lainnya lebih dikenal dengan sebutan stand alone. Sedangkan komputer yang semula berdiri sendiri atau bekerja sendiri kemudian terhubung melalui media transmisi dengan komputer atau peranti keras lainnya dengan tujuan melakukan komunikasi disebut sebagai network (jaringan). Dengan jaringan, kita bisa berkirim email, file, chatting bahkan melakukan telekomunikasi layaknya telepon.

Jaringan komputer adalah beberapa peranti keras (komputer) indenpenden yang terhubung melalui media transmisi dengan aturan/ protokol tertentu sehingga dapat saling berkomuunikasi satu sama lainnya seperti chattng, kiriim email, sharing data dan peranti keras (printer, hardddisk, prosesor).
Prinsip dasar jaringan adalah proses pengiriman data dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu. Seperti anda melakukan proses pengiriman surat dari kota tempat tinggal anda menuju alamat kota lain bahkan negara lain, melalui kantor pos. Sebenarnya proses jaringan menggunakan prinsip yang sama seperti pengiriman surat ke kantor pos.


 
Top