Promo

 

Gagasan awal untuk menghubungkan beberapa peranti keras berupa komputer yang sudah terinstall sistem operasi di dalamnya dengan tujuan untuk melakukan beberapa proses dalam sebuah peranti dengan metode queve. Proyek yang dimulai di Negara Amerika pada era tahun 1940-an ini, diberi nama MODEL I, dipimpin oleh Aiken ini, dikerjakan pada laboratorium Bell milik Group Harvard University.

Kemudian teknik pengembangan model komputer mulai meningkat dari sisi kondisi fisik yang menjadi lebih besar yang bertujuan untuk memperoleh kekuatan, kecepatan dan kehandalan pengerjaan proses. Era tahun 1950-an, lahirlah tipe super komputer untuk melayani beberapa terminal dalam sebuah jaringan yang lebih dikenal dengan nama TSS (Time Sharing Sistem). maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.
Kebutuhan kerja yang semakin meningkat frekuensinya dan tuntutan waktu proses untuk lebih efisien memacu untuk menciptakan sistem yang lebih baik dari sebelumnya. Selain karena super komputer dirasakan mahal harganya dan tidak terjangkau, maka munculah sistem terdistribusi di mana konsep terdistribusi ini memberikan tugas pada masing-masing host untuk mengerjakan prosesnya sendiri dalam rangka melayani terminal yang tersambung kepadanya. Proses ini sudah mengkombinasikan antara sistem komputer dan konsep komunikasi jarak jauh.
Setelah era tahun 1970-an, seiring berkembangnya transistor dalam bentuk yang lebih kecil namun memiliki kemampuan yang lebih baik, melahirkan evolusi bentuk fisik komputer yang lebih ramping, kecil namun lebih handal daripada generasi komputer sebelumnya. Dampak perubahan fisik dan model komputer ini menyebabkan harganya menjadi lebih murah. Di samping itu, konsep jaringan yang diterapkan pada komputer mulai dibakukan dan distandarisasikan, sehingga memungkinkan terjadinya koneksi antar platform hardware yang berbeda-beda. Koneksi antar komputer tersebut dilihat dari sisi area penggunaannya dibagi dalam beberapa kategori : Local Area Networking kemudian berkembang menjadi koneksi jaringan antar LAN dalam kota atau MAN, dan antar MAN saling terhubung membentuk Wide Area Networking atau yang lebih dikenal dengan sebutan Internet.

 
Top