Pemakaian Netcut di Windows 7

Beberapa hari ini ada beberapa email tentang cara penggunaan netcut di windows 7. Karena semua pemakai windows 7 tidak bisa menginstall (memakai) netcut di PC atau laptopnya. Maka untuk menjawab pertanyaannya, saya membuat postingan ini. Kebetulan tadi saya bertemu teman saya di kampus yang laptopnya memakai windows 7. Jadi bisa langsung praktek deh. Hasilnya? Pada bubar tuh para mahasiswa baru yang senang buka Facebook gara – gara koneksi di kampus mendadak terputus dan tidak bisa dipakai lagi. Tentunya saya aktifkan kembali setelah beberapa lama. Sebelum melanjutkan posting ini, tentunya kita harus tahu apa netcut itu. Bagi yang belum tahu apa itu netcut, bisa melihat Bebas Berinternet dengan Netcut dan Antinetcut.

Kenapa netcut tidak bisa di pakai di windows 7? Sebenarnya netcut masih bisa dipakai di windows 7. Tetapi yang tidak compatible dengan windows 7 adalah program Winpcap yang telah terintegrasi di netcut. Jadi dalam suatu penginstalan netcut, windows 7 akan menggagalkan proses instal yang berjalan dikarenakan Winpcap yang tidak compatibel tersebut. Winpcap yang terintegrasi dalam master netcut tersebut adalah Winpcap versi 3. Sedangkan yang dibutuhkan windows 7 adalah winpcap minimal versi 4. Tetapi kita masih bisa menginstal netcut dengan winpcap versi 4 kok. Cuma caranya yang berbeda dari biasanya. Untuk diketahui, netcut ini dikhusukan untuk windows XP dan tentunya bisa dipakai di Windows Vista. Bila Vista kamu tidak bisa menggunakan netcut ini, kamu bisa mengikuti trik yang sama dengan trik pemakaian di windows 7 yang akan saya tunjukkan.

Untuk menginstal Netcut di windows 7 kamu, tentunya kamu harus punya aplikasi (master) netcut untuk di install di laptop atau PC kamu. Kalau masih belum punya netcut, kamu bisa instal di link yang saya berikan dibawah. Setelah kamu download dan extract file RAR nya, kamu ikuti petunjuk dibawah ini :

1. Setelah file siap, klik kanan Netcut (netcut.exe) dan pilih “properties”
2. Form “properties” akan muncul. Cari dan buka tab “Compatibility”
3. Centang Compatibility Mode “Run this program in compatibility mode for” dan pilih Windows XP. Terserah kamu memilih Windows XP (Service Pack 2) atau Windows XP (Service Pack 3).
4. Kemudian klik “OK”
5. Setelah penggantian “Properties” selesai, install netcut yang telah diganti propertiesnya tadi (dengan cara klik 2x netcut.exe atau dengan cara yang lain).
6. Setelah mencapai setengah proses instal Netcut, akan ada pemberitahuan tentang penginstalan Winpcap dan program Winpcap tidak compatibel dan harus memakai Winpcap versi 4.0.
7. Lanjutkan saja proses penginstalan Winpcap dengan klik “Next” dan seterusnya sampai penginstalan Netcut selesai.
8. Setelah Netcut berhasil di instal, buka folder tempat instalan Netcut tadi (bila kamu tidak merubah tempat penginstalan (default), tempat instalan netcut ada di “C:/Program Files/Netcut”).
9. Di folder hasil penginstalan netcut tersebut ada file yang bernama netcut.exe (hasil penginstalan tadi). Klik kanan netcut.exe tersebut dan pilih “Properties”.
10. Form “properties” akan muncul. Cari dan buka tab “Compatibility”
11. Centang Compatibility Mode “Run this program in compatibility mode for” dan pilih Windows XP. Terserah kamu memilih Windows XP (Service Pack 2) atau Windows XP (Service Pack 3).
12. Kemudian klik “OK” (seperti cara penggantian master netcut tadi).
13. Prosesnya belum selesai, jadi jangan buka dulu netcut kamu.
14. Langkah selanjutnya adalah menginstal Winpcap versi 4.
15. Bila belum punya, silahkan menginstalnya di link yang saya berikan dibawah.
16. Kamu bisa langsung menginstal Winpcap versi 4 tanpa merubah “Properties” dulu.
17. Pastikan Winpcap di instal di “C:/Program Files/Winpcap” atau kamu tidak merubah tempat instalan Winpcap karena secara default akan terinstal di “C:/Program Files/Winpcap”.
18. Kamu akan menerima pesan bahwa versi lama Winpcap telah terinstal, apakah akan uninstall versi lama?
19. Pilih saja “Yes” dan proses penginstalan Winpcap akan berjalan. Tunggulah sampai selesai.
20. Beres deh, buka Netcut kamu dan pakailah secara bijaksana.

Di awal pemakaian netcut, kamu biasanya akan mendapati adapter yang kosong. Bila itu terjadi, klik saja “OK” dan form penggunaan netcut akan kosong juga. Tunggulah sebentar sampai muncul nomor IP Server Wireless dan IP kamu di jaringan wireless tersebut. Bukalah kembali “Choice Netcard” dan pilih adapter yang kamu gunakan. Bila langsung muncul nomor IP Server Wireless dan IP kamu di jaringan wireless tersebut, langsung saja pilih adapter wireless bila kamu menggunakan koneksi Wireless (biasanya bernama “Microsoft”). Klik “OK’. Bila masih belum muncul daftar pengguna jaringan wireless, ganti adapter kamu dengan memilihnya di “Choice Netcard” tadi karena kemungkinan kamu salah menggunakan adapter. Selamat berkreasi….!!!!!!

Download Netcut

Download Winpcap

Reactions:

Blog Archive